LANY

LANY (/ˈleɪni/, singkatan dari “Los Angeles, New York”) adalah band pop rock Amerika dari Los Angeles. Dibentuk di Nashville pada tahun 2014, band ini terdiri dari gitaris dan vokalis Paul Jason Klein dan drummer Jake Clifford Goss.
LANY | Spotify

Ditandatangani dengan Polydor dan Interscope Records, band ini telah merilis tiga album 5 teratas: LANY (2017), Malibu Nights (2018), dan Mama’s Boy (2020). Selain itu, mereka telah merilis beberapa single, yang paling sukses adalah “ILYSB” (2015) bersertifikat RIAA, kolaborasi Julia Michaels “Oke” (2019), “Super Far” (2017), “Malibu Nights” (2018 ) dan “Mean It” (2019) menampilkan Lauv. Pada tahun 2020, mereka merilis album studio ketiga mereka, Mama’s Boy, yang diikuti oleh album keempat mereka, gg bb xx, pada bulan September 2021. Pada tahun 2023, band ini mengumumkan album studio kelima mereka A Beautiful Blur. Album ini akan menjadi album pertama mereka di Sunset Records/Virgin Records, setelah kepergian mereka dari Interscope Records.

2014–2017: Awal musik dan LANY

Lany vuelve a Argentina en 2024 - FM Rock & Pop 95.9

LANY dibentuk pada Maret 2014 ketika Paul Jason Klein, yang memiliki karier solo kecil-kecilan, terbang ke Nashville untuk bertemu dengan temannya Jake Goss dan Les Priest. Sebelumnya, Goss dan Priest mempunyai proyek terpisah dengan nama WRLDS, namun proyek ini dihentikan setelah terbentuknya LANY. Klein telah dilatih secara klasik dalam piano dan telah bermain sejak masa kanak-kanak. Bulan berikutnya mereka secara anonim mengunggah dua lagu, “Hot Lights” dan “Walk Away”, ke akun SoundCloud mereka tanpa pengikut untuk membedakan antara proyek lama dan baru. Kedua lagu ini direkam dalam kurun waktu empat hari.[13] Dalam sebuah wawancara, Klein menjelaskan bahwa setelah perilisan single tersebut, mereka mulai menerima email dari label rekaman dalam waktu enam hari, dimana dia masih tidak tahu bagaimana mereka menemukan musiknya. EP debut mereka, Acronyms, menyusul pada akhir tahun itu, dengan lagu “ILYSB” menghasilkan minat yang signifikan secara online, mencapai lebih dari 100.000 hits. Single “Made in Hollywood” dan “Bad, Bad, Bad” segera menyusul, bersamaan dengan terungkapnya identitas mereka.

LANY adalah singkatan dari “Los Angeles New York”. Klein menjelaskan nama itu dalam sebuah wawancara:

“Kami tahu kami menginginkan kata yang terdiri dari empat huruf karena desain dan tujuan estetika, tetapi seperti yang dapat Anda bayangkan, semua kata yang terdiri dari empat huruf di seluruh dunia telah digunakan. Kami beralih ke akronim dan untuk sementara kami berpikir kami akan menjadi TTYL , tapi kemudian kami memutuskan untuk tidak ingin berusia 13 tahun seumur hidup kami. Saya akhirnya berpikir tentang jarak melintasi negara dari L.A. hingga New York, dan pada awalnya saya berpikir itu akan menjadi L-A-N-Y, namun orang-orang terus bertambah. bingung bagaimana cara mengucapkannya ketika saya memberi tahu mereka, mengatakan hal-hal seperti ‘L-A-dan-Y?’ Jadi kita seperti melupakannya—sebut saja diri kita LANY, diucapkan Lay-Nee.”

Pada tahun 2015, LANY memulai tur Amerika untuk mendukung Twin Shadow, Tove Styrke, X Ambassadors, Troye Sivan dan Halsey. EP kedua berjudul Aku Mencintaimu. diikuti, begitu pula penampilan festival termasuk Lollapalooza.

Pada bulan Desember 2015, setelah menandatangani kontrak dengan Polydor Records, sebuah EP rilis ulang berjudul Make Out dirilis yang terdiri dari semua lagu (tidak termasuk “Hot Lights” dan “OMG”) yang dirilis sebelum I Loved You. Tak lama setelah ini, tur dukungan Inggris dengan Ellie Goulding diumumkan pada Maret 2016 dan versi live “ILYSB” dirilis di YouTube. Tur dukungan AS dengan Troye Sivan berlangsung hingga bulan Februari, diikuti dengan pengumuman tur utama AS pertama mereka, The Make Out Tour, pada bulan Mei. Pada tanggal 11 Maret 2016, LANY merilis single berjudul “Where the Hell Are My Friends”. Lagu ini memulai debutnya di Beats 1 dengan Zane Lowe. Satu bulan kemudian, mereka merilis video musik pertama mereka untuk lagu tersebut.[20]

Setelah tur utama mereka pada bulan Mei, LANY memainkan serangkaian festival pada pertengahan tahun 2016, termasuk Bonnaroo, Firefly, dan Outside Lands.

LANY memulai tur utama kedua mereka pada musim gugur 2016, yang disebut Kinda Tour, untuk mendukung EP mereka dengan nama yang sama. Itu termasuk 14 kurma Eropa dan 37 kurma AS.

Pada tanggal 15 Februari 2017, LANY mengumumkan bahwa mereka akan menjadi pembuka untuk tujuh pertunjukan The Search for Everything Tour karya John Mayer. Itu termasuk lima tanggal di AS dan dua tanggal di Kanada. Klein memuji Mayer sebagai pengaruh yang signifikan terhadap dirinya dan band.

Melalui Instagram dan Twitter resminya, band ini mengumumkan bahwa mereka akan merilis album debut mereka, LANY, pada tanggal 30 Juni 2017, yang didahului dengan singel “Good Girls” pada tanggal 3 Maret, serta “It Was Love”, “Perpisahan”, dan “13”.

Pada tanggal 30 Juni 2017, LANY merilis album self-title debut mereka. Single “Super Far” memulai debutnya di Beats 1 milik Zane Lowe di Apple Music sebelum perilisan album penuhnya. Band ini mengadakan toko pop-up di Los Angeles dan New York untuk mempromosikan album tersebut. Mereka telah merilis video musik untuk “Good Girls”, “ILYSB”, dan “Super Far”. Band ini mengumumkan tur utama AS yang berlangsung dari September hingga November 2017. LANY menghabiskan musim panas 2017 dengan bermain di festival dan melakukan tur ke Australia dan Asia. Mereka melakukan tur Eropa pada musim dingin 2017.

LANY mengumumkan album kedua mereka, Malibu Nights, pada 8 Maret 2018, melalui postingan Instagram. Klein menyatakan bahwa album tersebut ditulis mulai 4 Januari hingga 14 Februari 2018.

Pada tanggal 5 April 2018, LANY mengadakan konser arena pertama mereka di Smart Araneta Coliseum di Filipina. Tiket pertunjukan terjual habis dalam 24 jam, sehingga pertunjukan kedua diadakan pada malam berikutnya.

Single pertama, “Thru These Tears”, dirilis pada 17 Juli. Single kedua album, “I Don’t Wanna Love You Anymore”, dirilis pada 22 Agustus 2018. Album studio kedua mereka yang sangat dinantikan, “Malibu Nights “, dirilis pada 5 Oktober 2018, terdiri dari sembilan lagu.[28] Pada tahun 2018, LANY memulai Tur Dunia Malam Malibu mereka yang dimulai pada bulan Oktober dan berlangsung hingga Oktober 2019. Band ini merilis “Oke”, sebuah single dengan penyanyi Julia Michaels, pada tanggal 23 April 2019. Ini adalah lagu pertama mereka yang menyertakan artis unggulan . Pada 14 November 2019, LANY berkolaborasi dengan penyanyi-penulis lagu Amerika Lauv untuk lagu “Mean It”, yang akhirnya dimasukkan ke dalam album debut Lauv, How I’m Feeling. Pada 17 Desember 2019, video musik dirilis yang menampilkan kedua artis tersebut di gurun Los Angeles.

Dari tanggal 23 hingga 25 Juli, LANY menjual habis tiga pertunjukan berturut-turut di Manila, di Mall of Asia Arena.

LANY Gets Lost in Sentimentality on 'mama's boy' - BC Heights

Pada tanggal 30 April 2020, LANY mengumumkan judul album ketiganya, Mama’s Boy, melalui media sosial. Album ini dirilis pada 2 Oktober 2020. Pada tanggal 13 Mei, mereka merilis single utama album, “Good Guys”. Pada tanggal 1 Juli, single kedua mereka “If This Is the Last Time” dirilis. Single ketiga album, “You!”, dirilis pada 13 Agustus 2020. Dua bulan kemudian pada 2 Oktober 2020, mereka merilis album studio ketiga bertajuk Mama’s Boy. Untuk mempromosikan album, band ini telah mengumumkan 5 tanggal di Inggris dan Irlandia untuk tahun 2021. Pra-penjualan dimulai pada tanggal 30 September sedangkan penjualan umum dimulai pada tanggal 2 Oktober. Band ini telah mengumumkan tanggal-tanggal lainnya yang akan datang di kemudian hari.

Pada tanggal 4 Februari 2021, LANY merilis Mama’s Boy edisi deluxe. Ini termasuk perilisan tiga versi lagu baru—”Hati Tidak Akan Membiarkan Aku” (dilucuti), “Sedih” (dilucuti), dan “Aku Masih Berbicara dengan Yesus” (langsung). “Saya ingin bagian luarnya terdengar dan terasa seperti saya sedang memainkan lagu ini sendirian di ruang Sekolah Minggu dengan pintunya sedikit retak, dan Anda mendengarkannya di aula,” kata Klein tentang rekaman aslinya. Lagu yang dibawakan secara langsung membuat pendengar semakin dekat dan masuk ke dalam ruangan bersama LANY. Pada 12 Juli, LANY mengumumkan bahwa album keempat mereka, gg bb xx, akan dirilis pada 3 September. Peluncuran single dimulai dengan perilisan “dancing in the kitchen” pada 25 Juni.
CreativeDisc Exclusive Interview With LANY: Siap Rilis Album "Malibu  Nights" - Creative Disc

Versi deluxe dari gg bb xx dirilis pada tanggal 5 November, menambahkan 5 lagu tambahan ke dalam rekaman, bersama dengan versi demo “dna” yang dirilis sebagai single bersamaan dengan “up to me”. Juga termasuk kolaborasi sebelumnya, “I Quit Drinking” dengan Kelsea Ballerini, dan “Stupid Feelings” dengan 220 Kid.

Pada tanggal 7 April 2022, band ini mengumumkan kepergian kibordis Les Priest, yang telah keluar “untuk fokus pada kehidupan sebagai penulis/produser di Nashville.” Dua anggota grup yang tersisa memutuskan untuk tidak menggantikannya tetapi hanya untuk melanjutkan sebagai duo.

Pada 29 Mei 2023, LANY mengumumkan album kelima mereka bertajuk A Beautiful Blur yang akan dirilis pada 29 September. Single pertamanya, “Congrats”, dirilis pada 24 Agustus 2022

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*